Ninja ZX-25R | Suara dan Tenaganya Bengis

Ninja ZX-25R | Suara dan Tenaganya Bengis

Jul 16, 2020 New Bike

Setelah resmi di release secara virtual press conference pada Jumat, 10 Juli 2020  di youtube channel Kawasaki Motor Indonesia.  Saatnya Kawasaki Ninja ZX-25R empat silinder dilakukan sesi uji coba. Agenda media test ride yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 15 Juli 2020 lalu.

Untuk sesi test ride media Ninja ZX-25R ini Gastank Magazine ‘menurunkan’ tim tester andalan Hery Axl, selain fotografer andalan Gastank di juga mantan pembalap grass track yang masih aktif beradventure ria dengan motor trailnya.

Selama sesi test ride penyelenggara diminta tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, media yang melakukan test dibagi-bagi dalam kelompok jadi tidak numpuk dipaddock. Gastank Magazine sendiri masuk dalam kelompok goup 2 bersama Koran Kompas, Otosia.com, Leopold, TMCBlog, dan Koran Kompas.

Kawsaki Indonesia menyodorkan  ZX-25R ABS-SE untuk sesi pengetesan. Saat naik di joknya test rider Gastank Magazine yang mempunyai tinggi 171 cm dan berat 65 kg masih berasa nyaman.

Kesempatan test ride di Sirkuit Sentul ini masing-masing group hanya diberi kesempatan 4-5 lap saja yang dikawal oleh pembalap muda didikan Kawasaki Indonesia AM Fadly Selama satu lap setelah itu tim media melanjutkan test motornya di lintasan.

Duduknya, terbilang nyaman. Begitu juga posisi berkendaranya. Saat mesin dinyalakan dan tak lama kemudian digeber, suara ‘menjerit’ langsung terdengar.

Terdengar dari suara mesin dan teriakan knalpotnya yang memang merdu didengarkan cocok dengan ambiance sirkuit

Tenaga besar tersebut disalurkan melalui 6 percepatan yang terasa sangat halus.

Terlebih dengan penggunaan quick shifter untuk menambah dan mengurangi gigi.

Sedangkan  fitur quick shifter untuk mengurangi gigi ini sudah ada teknologi auto blipper.

“Jadi, saat menurunkan gigi tanpa menggunakan kopling, otomatis putaran mesin akan teriak terlebih dahulu untuk menyesuaikan engine brake,” ujar Hery Axl

Beralih ke performa, nafas yang dihasilkan oleh Kawasaki Ninja ZX-25R ini cukup panjang. Kawasaki Ninja ZX-25R ini mampu digeber hingga 18.000 rpm di atas sirkuit. Untuk mencapai putaran mesin 18.000 rpm tidak perlu waktu lama, karena tenaganya sangat responsif.

“Saat riding di lintasan enggak terasa ngintip speedometer sudah masuk 120 km/ jam padahal rasanya kayak ngegas 50 km/jam. Karena memang motornya anteng banget enggak berasa kalu udah kenceng,” lanjut Axl.

Tenaga di bawah pada 10.000 rpm juga kalem berasa enggak terlalu liar , jadi rider tidak gampang lelah mengendalikan motor ZX-25R ini. Berbicara soal handling, motor ini juga sangat anteng dan 'nurut' ketika keluar-masuk tikungan.

Tarikan awal mesin terasa halus namun galak. Perpindahan gigi juga terasa mudah dan halus berkat teknologi Kawasaki Quick Shifter (KQS).

ZX-25R mempunyai bobot 182 kg. Namun, motor ini terasa enteng saat diajak meliuk-liuk di lintasan Sentul. Kemudian, saat melakukan cornering motor juga mudah dikendalikan berkat pengunaan teknologi horizontal back-link rear suspension serta Kawasaki Traction Control (KTRC).

Sistem pengeremannya juga istimewa kaliper radial monoblok 4 piston yang diusungnya terasa sangat pakem dan mampu mengimbangi muntahan power motor tersebut. Sangat seimbang antara tenaga motor dengan performa rem yang digunakan di Ninja ZX-25R. Fitur Antilock Braking System (ABS) yang digunakan juga dirasa sangat lembut.