Norton Commando 961 Street - Inovasi Resmi Setelah 40 Tahun

Norton Commando 961 Street - Inovasi Resmi Setelah 40 Tahun

Okt 17, 2018 New Bike

Kabar baik datang dari tanah Inggris akhir minggu lalu (13/10). Pabrikan motor legendaris yang terkenal dengan proses handmade Norton akhirnya meluncurkan produk terbarunya yaitu, Commando 961 Street. Edisi ini dibuat secara terbatas, karena hanya di buat sebanyak 50 di pabrik mereka di Donington Hall.

Melihat designnya, kali ini Norton Commando 961 Street hadir dengan model yang non-mainstream. Pasalnya Commando 961 Street ini merupakan impian Henry Cole selama 40 tahun untuk menyempurnakan desain Norton yang lebih modern dan timeless.m Cole adalah penggemar motor asal inggris. Ia juga seorang penulis, petualang bahkan presenter TV yang mendeikasikan hidupnya untuk dunia otomotif khususnya motor.

Desainnya masih berkiblat pada 961 namun, Cole memberikan sentuhan beberapa ubahan yang semakin terlihat dinamis. Dalam hal ini ia juga dibantu oleh Guy Willison dari The Motorbike Show Fame. Sangking limitednya unit Commando 961 Street ini bahkan tidak tersedia dalam website resmi mereka, Nortonmotorcycles.

Menurut beberapa pengamat, konsep Norton Commando 961 Street ini memulai langkah inovasi pada bentuk yang berbeda setelah 40 tahun berlalu. Bos Norton Stuart Garner pun mengamini beberapa pernyataan dari para pengamat sehingga ia pun menjadi model edisi terbatas yang resmi di produksi oleh Norton.

Walau sudah resmi diperkenalkan, Stuart Garner pun baru akan menjual motor ini pada bulan Desember mendatang dengan harga sekitar £ 17,950. Pertanyaan timbul kepada Norton enthusiast di seluruh dunia tentang apa saja ubahannya?

Ubahan terlihat pada, tangki bensin, tempat duduk, unit ekor dan stang. Khusus bagian fender belakang itu dibuat secara manual menggunakan tangan manusia dengan bahan aluminium. Sementara, joknya dipesan khusus kepada Alcantara untuk dijahit manual dengan pola berlian. 

Selain masih menggunakan rangka asli Commando 961 MkII. Kesan modern terlihat pada penggunaan stang yang menggunakan Renthal Fatbars berwrana hitam dan suspensi Ohlins dibagian belakangnya. Serat karbon pun masih mendominasi bodywork Norton seperti headlamp cover, fender depan, chain guard hingga tatakan plat nomor.

Teks: Andhika, Foto: Motorcyclenews.