One Day With Uncle Steve

One Day With Uncle Steve

Des 22, 2018 Profile

Di Event Kustomfest 2018 beberapa waktu lalu, Gastank Magazine berkesempatan bertemu dan berbincang secara langsung dengan proskater legendaris sekaligus one of our favorite man, Steve Caballero.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, langsung saja, berikut percakapan kami dengan skater asal California yang sangat ikonik dengan Vans Half Cab ini.

Gastank Magazine: Hi Cab, bagaimana kabarmu?

Caballero: Oh hi, kabar saya Baik, terima kasih

Gastank Magazine: Perjalanan jauh ya, 20 jam dengan penerbangan berbeda untuk sampai disini? Pasti sangat melelahkan?

Caballero: Ya, benar! Perjalanan yang sangat melelahkan dan juga membosankan berada di pesawat selama itu. Dari mana kamu tahu hal itu?

Gastank Magazine:  Ya, saya melihat dari caption dalam akun instagram kamu steve. Ok steve kita mulai saja perbincangan tentang dirimu. Pertama, bagaimana menurutmu custombike di sini (Kustomfest)? Bisa ceritakan bagaimana kamu tertarik hadir di sini?

Caballero: Ok, menurut saya ini ajang kustom yang baik. Saya tidak tahu, mungkin ini terbesar ya? kita bisa lihat semua orang senang datang kesini. Saya juga melihat semua tertata dengan baik sehingga kita bisa enjoy berada disini dengan deretan motor custom yang keren-keren. Ini keren!

Gastank Magazine: Bagaimana kamu tertarik untuk hadir disini Steve? Bisa kamu ceritakan dan sejak kapan kamu mulai menyukai dunia ini (custombike culture)?

Caballero: Ya, sebenarnya mereka (Kustomfest) sudah mengundang saya dua tahun lalu, namun saya masih berpikir beberapa kali karena saya pernah kehabisan energi saat hadir dalam ajang Art of Speed di Malaysia beberapa waktu lalu karena begitu banyak fans saya disana. Tapi disini berbeda, semua terlihat asik dan santai. Saya mulai menyukai dunia ini sekitar tahun 1997 saat teman saya mengenalkan kepadaku namun saya baru benar-benar menyukainya di tahun berikutnya.

c-DSC04494.jpg

Gastank Magazine: Kita tahu kamu adalah seorang skateboarder terkenal dengan trick yang sulit seperti Caballerial yang kamu ciptakan sendiri. Kamu juga mendesain sendiri sepetu signature dari vans shoes yang terkenal, bisa kamu ceritakan bagaimana itu bisa terjadi kepadamu? Fyi, saya salah satu penggemarmu juga Steve, hehe

Caballero: Wow terima kasih sudah menjadi penggemar saya. Saya rasa kamu juga menyukai skateboard ya? haha Caballerial itu saya buat dengan spenuh hati, rasa penasaran saya akhirnya terbayarkan setelah beberapa orang mencoba namun sulit untuk dilakukan. Mengenai sepatu, saya rasa mereka (vans shoes) menyukai konsistensi sama seperti apa yang saya lakukan dalam dunia skateboard. Oleh karena itu hubungan kami selalu baik hingga saat ini.

Gastank Magazine: Kamu akan berada disini selama dua hari ya dan ini hari pertama disini buat kamu, bagaimana kesan hari pertama disini (Kustomfest)?

Caballero: Ya benar saya akan berada disini selama dua hari dan ini hari pertama disini. Sangat menyenangkan karena bertemu banyak orang baik di sini. Di Indonesia, makanan enak, saya juga melihat ada banyak seniman yang sangat berbakat disini. Saya senang berada di sini, You Know!

Gastank Magazine: Saya tahu, kamu memiliki satu putra dan dua putri benar? Apakah mereka kamu ajarkan skateboard dan apakah kamu berharap mereka akan menjadi dirimu seorang professional skateboarder?

Caballero: Ya, benar mereka adalah anak-anak yang membanggakan saya. Soal harapan saya kepada mereka, saya hanya berpesan kepada mereka untuk mencintai pekerjaan mereka apapun itu. Kebetulan saya sangat mencintai skateboard. Saya tidak tahu apa yang mereka cintai namun yang saya tahu, saya harus terus mensupport mereka sesuai dengan pilihan mereka.

Gastank Magazine: Entah saya salah atau benar, apakah kamu lebih menyukai Indian Motorcycle daripada motor lainnya seperti Harley-Davidson, Norton atau lainnya?

Caballero: Ya, saya tidak tahu pasti bagaimana saya bisa jatuh cinta dengan Indian mungkin karena saya mencintai proses mereka (Indian Motorcycle) dalam mendevelop motor dimasa itu. Harley-Davidson juga merupakan motor yang baik dan bagus bahkan hingga saat ini begitu juga dengan Norton. Ya tapi saya suka vintage, dan Indian pilihan saya ha ha

Gastank Magazine: Ok, steve kembali lagi ke pertanyaan seputar motor (custom). Bagaimana deretan motor custom disini?

Caballero: Orang-orang di sini di negara ini sangat berbakat, luar biasa. Saya melihat ada satu motor Indian boardtracker di deretan sepeda anak. Saya tertarik dengan Indian itu, mungkin nanti saya akan tanyakan apakah ini dijual, jika ya mungkin saya harus membelinya nanti hehe

Gastank Magazine: Satu hal lagi Steve, selain kesan apa pesan kamu buat dunia custom disini bahkan mungkin dunia?

Caballero: Seperti yang sudah saya sampaikan, disini semua karya terlihat sangat bagus di semua kelas baik cafe racer, chopper dan genre lainnya. Pesan dari saya mungkin builder di Amerika, jangan tertidur karena orang-orang di sini memiliki karya dan taste yang sangat keren.

Gastank Magazine: Satu pertanyaan terakhir Steve, karena kamu berasal dari California, apakah kamu mengetahui Cycle Zombies yang suka mengcustom motor tua dengan perlakuan kasar. Setahu saya mereka juga skateboarder. Apakah ada hasrat kamu untuk mebuat usaha yang sama seperti mereka di hari tua kamu kelak?

Caballero: Ha ha ha. Ya, saya tahu mereka. Mereka itu keren dan saya berteman dengan mereka. Beberapa kali kita bermotoran bersama dan juga bermain skate saat sore hari. Kalau membuat usaha yang sama dengan mereka mungkin tidak tapi pertanyaan ini cukup mengisnpirasi saya untuk membuat garage sendiri nanti saat sata benar-benar pensiun, setidaknya koleksi motor saya sendiri.

Teks: Andhika, Foto: Herry Axl.