Point Penting Kenakan Selvedge Denim

Point Penting Kenakan Selvedge Denim

Nov 12, 2018 Fashion

Selvedge Denim memang spesial di mata sebagian orang. Ia memiliki keunggulan alami dari jenis jeans biasanya.

Nama selvedge terbentuk dari istilah “self-edge,” yaitu potongan hasil tenun pada kedua ujung kain rol. Denim ini berkualitas premium dan memberikan penampilan yang bersih dan rapi. Selvedge umumnya ditenun pada mesin tenun yang sempit, sehingga menciptakan ujung yang rapi, tanpa rumbai. Jenis kain denim ini dikenal dengan sifatnya yang kaku dan hubungannya dengan garmen denim premium.

Kenapa bahan ini disebut Selvedge? Jadi, yang membuat denim ini unik adalah proses produksinya dan kualitas yang dihasilkan. “Denim mentah” adalah garmen yang belum mengalami proses pre-washing, sementara “selvedge” adalah bahan denim dari ujung kain rol.

Selvedge denim dibuat menggunakan mesin shuttle loom yang lawas. Mesin ini memakan waktu lebih lama dalam membuat sebuah denim, karena hasil tenunnya menjadi lebih rapat dan hasilnya pun denim lebih berat. Shuttle loom juga membuat selvedge menjadi lebih sempit, tidak selebar denim non-selvedge, sehingga untuk membuat sebuah celana jeans, diperlukan selvedge denim sepanjang 3 yard.

Untuk memaksimalkan hasil, biasanya para penjahit memakai tepian selvedge tersebut dari pinggang sampai ujung kaki. Sehingga ketika ujung bawah celana dilipat ke atas kira-kira 2 lipatan, maka selvedge-nya akan terlihat.

Sebenarnya, yang lebih dulu muncul di pasaran adalah selvedge denim, kemudian baru regular (non-selvedge) denim. Hal ini dikarenakan pada jaman dahulu memang mesin untuk membuat sebuah kain denim adalah mesin shuttle loom.

c-Selvedge_and_Raw_Denim_01.jpg

Karena proses pembuatannya yang lama dan meningkatnya permintaan denim pada tahun 1950an, maka digunakanlah mesin projectile loom yang bisa lebih cepat membuat denim, lebih lebar, namun tepi kainnya terurai, tidak rapih seperti selvedge denim. Mesin ini banyak digunakan untuk produksi jeans masa kini.

Untuk memaksimalkannya, berikut beberapa point penting dalam menggunakan selvadge denim:

Kenali berat

F.Y.I., berat celana selvedge tidak berpengaruh pada harga, namun mempengaruhi kenyamanan. Denim yang super ringan memang lebih nyaman dipakai terutama di negara tropis, namun jeans yang lebih berat akan lebih tahan lama dan akan memberikan efek yang kontras saat dipakai. Maka solusinya, belilah denim mid-weight yang biasanya tak terlalu berat, namun juga tidak tipis.

Jangan sering dicuci

Sama halnya dengan denim biasa, hindari mencuci terlalu sering selvedge denim. Saat dicuci, denim pabrik pasti akan kehilangan sedikit warnanya, berbeda dengan selvedge denim. Jika loe berencana untuk mencucinya, balik bagian dalam di luar dan cuci dengan air dingin dengan deterjen yang lembut, lalu jemur dengan cara dianginkan, bukan di bawah sinar matahari langsung.

Jangan takut digulung

Karena bahannya yang cenderung tebal, gulung saja selvadge senim apalagi saat cuaca sedang panas, sehingga udara bisa masuk. Dengan cara menggulung, bagian khas selvegde pada jahitan dalamnya juga menjadi terlihat, dan bikin penampilan loe jadi lebih keren. Gulunglah hingga mata kaki saja, jangan lebih!

Pilih nyaman, bukan keren

Saat membeli selvedge denim, pilih ukuran yang sedikit lebih kecil dari ukuran biasanya, karena bahan denim akan mudah melar pada bagian pinggang.

Siap kongkow dengan selvedge denim?

Teks: Wildaf, Foto: Ties.