REBORN Indonesia Gelar Jamboree Pertama

REBORN Indonesia Gelar Jamboree Pertama

Des 19, 2018 Gastank Family

Komunitas para pecinta Royal Enfield yang tergabung dalam REBORN Indonesia menggelar Jamboree pertama yang diadakan pada Sabtu & Minggu, (15-16/12/18) di Lapangan Jendral, Cikole, Lembang, Bandung.

Mengusung tema ‘As Indonesian As One’, Indonesian Royal Enfield Jambore 2018 ini sekaligus untuk merayakan hari jadi komunitas yang telah berdiri sejak 2016 lalu ini. Ketua REBORN, Indrakusuma Wardhana, menjelaskan sedikit mengenai perjalanan berdirinya REBORN Indonesia.

“Kami telah berkumpul sejak bulan Mei 2016, karena semakin banyak, maka kami kukuhkan REBORN pada September 2016. Awalnya, REBORN ini singkatan dari Royal Enfield Bandung Owner Nation karena kita berdomisili di Bandung. Lama kelamaan karena banyaknya anggota di luar Bandung seperti Jakarta, Cikampek, Cirebon, Bekasi dan lainnya, akhirnya huruf pertama B-nya ini kita rubah jadi Bikers, dan jadilah REBORN Indonesia,” jelas pria yang akrab disapa Chief Baba ini.

REBORN Indonesia memiliki visi dan misi ‘Dahar, Ulin, Seseurian’ (Makan, Main dan Tertawa) yang diikat dengan semangat ‘Sabeungkeutan’ (Solidaritas tinggi). Saat ini anggotanya sebanyak kurang lebih 300 member dari chapter di beberapa kota chapter di kota lain seperti Yogyakarta, Lombok, Bali, hingga Sulawesi.

Dari ulang tahunnya yang pertama (September 2017), dicetuskan untuk menggelar Jamboree pada 2018 ini. Acara ini bukan hanya mengundang seluruh chapter maupun komunitas pengguna Royal Enfield lain, namun juga berbagai club mulai dari club motor besar, bebek hingga scooter yang dihadiri hingga lebih dari 1000 tamu.

Acara yang didukung oleh Super Adventure ini digelar dengan konsep ride and camp. Kegiatannya berisi kongres pengguna Royal Enfield, Riding, Sunmori, Photo Contest, Custom Contest, BBQ & Api Unggun, Coaching Clinic: Safety Riding & First Aid, Games, Charity On Wheel atau penanaman pohon, booth dan food truck. Sementara dari sisi hiburan diisi oleh Ipank Lazuardi, The Time Bomb, DJ Lovely Genia, Nayl Band dan Kesenian Khas Tatar Sunda.

Menariknya khusus untuk para pengguna Royal Enfield yang diwajibkan mendaftar ini, juga sudah termasuk menyumbang sebuah bibit pohon Trembesi untuk nantinya ditanam dalam program pemerintah. Salah satunya termasuk Eiger yang menyumbang bibit pohon ini.

Salah satu yang hadir di acara ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia yang juga merupakan pengguna RE ini mengatakan jika pada agenda selanjutnya, REBORN akan dilibatkan sebagai Duta Pariwisata dalam program Citarum Expo pada Januari 2019 mendatang.

“Satu hal yang kami rasakan, bahwa kebersamaan dan persaudaraan adalah sebuah ikatan dari persatuan NKRI dan ini nyata adanya. Seperti tagline kita, Sabeungkeutan Salawasna, Salawasna Sabeungkeutan, kita pengennya para pengguna RE ini bersatu dalam satu ikatan jamboree ini. Yang pasti kita pengen jamboree RE ini menjadi benteng terdepan dalam persaudaraan. Terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung dan semua tamu yang hadir,” pungkas Chief Baba.

Teks: Wildaf, Foto: @radithyafajri.