Ribuan Bikers Kompak Dukung Empat Pilar MPR RI

Ribuan Bikers Kompak Dukung Empat Pilar MPR RI

Feb 25, 2020 Event

MPR RI, Gerak BS dan Motor Besar Indonesia mengadakan acara “Riding KebangsaanEmpat Pilar MPR RI” pada 23 Februari 2020, di halaman Gedung MPR/DPR/DPD RI. Ribuan biker dari 180 klub hadir memeriahkan acara yang digelar sejak pagi hari ini.

Didahului dengan Rolling Thunder, ratusan biker berkumpul di titik awal yaitu di halaman parkir Senayan City Mall, Jakarta Selatan. Tampak hadir Ketua MPR RI, Bapak Bambang Soesatyo, sebagai Road Captain. Bambang Soesatyo yang akrab disebut Bamsoet ini didampingi Bapak DR. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Bapak DR. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.H, Jaksa Agung Republik Indonesia; Bpk Komjen. Pol. Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan, S.H., M.M, M.H, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional RI; Ketua Umum Motor Besar Indonesia (MBI), Satrio Nur Rachmanto; Ketua Dewan Penasihat MBI, Kombes Pol. Dr. Putu Putera Sadana, S.I.K, M.Hum, M.M., serta Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Komjen. Pol. (Pur) Drs. Nanan Sukarna. Ratusan biker dari Motor Besar Indonesia (MBI) dari berbagai wilayah seperti MBI DKI Jakarta, MBI Bogor, MBI Bekasi, MBI Depok, MBI Tangerang, MBI Bandung dan MBI Bali, HDCI,  Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter, Freedom of Charge (FOC), HOG Jakarta Chapter, Police Owners Group (POG), dan lain-lain turut serta dalam rolling thunder yang berangkat dari Senayan City menuju lokasi acara yaitu halaman Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat. Komunitas mobil seperti Lamborghini Club Indonesia, Ferrari Owners Club Indonesia dan Tesla Club Indonesia, turut menyemarakkan konvoi rolling thunder ini.

Acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI ini digelar untuk menguatkan kembali nilai Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara ini dikemas edukatif namun juga seru sesuai ciri para bikers, yaitu dengan mengadakan riding kebangsaan dan cerdas cermat bikers yang berlangsung seru.

Acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin. Dengan mengenak rompi biker Motor Besar Indonesia, Bapak K. H. Ma’ruf Amin mengaku baru pertama kali berpenampilan ala biker. KH. Ma’ruf Amin didampingi Ketua DPR RI, Dr. Puan Maharani, S.I.Kom, serta para Wakil Ketua MPR RI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Fadel Riyaldi atau akrab disebut Fadel Muhammad, Ibu Lestari Moerdijat, Dr. Ahmad Basarah, Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., H. Arsul Sani, S.H., M.Si Para pejabat ini pun menggunakan baju kebesaran MBI.

"Ini pertama kali dalam hidup saya mengenakan rompi khas anak motor. Ini demi Pancasila, demi Empat Pilar MPR RI, demi para bikers Indonesia," ujar KH. Ma'ruf Amin.

Bamsoet pun mengacungkan jempol melihat penampilan baru Bapak KH Ma’ruf Amin. "Pak Ma'ruf sangat keren pagi ini. Tampil muda, tak kalah dengan millenial maupun para bikers. Jika tak ada Paspamres di sekelilingnya, orang pasti menyangka beliau betul-betul anak motor. Apalagi melihatnya menggeber gas motor, Pak Ma'ruf sangat cocok menjadi anggota keluarga besar bikers Motor Besar Indonesia," ujar Bamsoet.

“Ucapan selamat saya sampaikan kepada seluruh peserta. Semoga kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan karakter bangsa, membangun semangat nasionalisme dalam komunitas motor, serta membangun persahabatan antara seluruh komunitas motor,” kata KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi acara Riding Kebangsaan Empat PIlar MPR RI.

Pada acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI ini diadakan pula puncak acara Cerdas Cermat Bikers yaitu Grand Final Cerdas Cermat Bikers. Sehari sebelumnya, 84 klub telah mengikuti babak penyisihan, yang meloloskan sembilan klub untuk mengikuti babak penyisihan. Ke-9 klub tersebut adalah FOC MC,  Baikers HD, Gomax, Bikers Brotherhood 1% MC, HDCI Jakarta, CHMC (Civics Hukum Motor Community), Bromphit, HVATAR dan Yamaha Lexi Community Jakarta. Setelah melalui babak semi final yang berlangsung seru dan sangat ketat, tiga kontestan berhasil maju ke babak final yaitu Baikers HD, HDCI Jakarta dan Bromphit.

Di hadapan Wakil Presiden RI dan para Pejabat Negara, para biker ini pun kembali berkompetisi untuk merebut posisi pertama. HDCI Jakarta pun tampil sebagai pemenang, dan berhak membawa pulang satu motor Harley-Davidson Street 500 dari persembahan Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta. Juara kedua diraih Baikers HD yang mendapatkan Paket Umroh untuk dua orang dari Maktour. Sedangkan Bromphit mendapatkan posisi ketiga, dengan hadiah motor listrik Gesits.

Selain itu, Juara Favorit pertama diraih oleh FOC MC, kedua diraih HVATAR dan CHMC menjadi Juara Favorit ketiga. Para biker dari berbagai komunitas dan klub ini juga mengikuti lomba Yel-yel atas sorak khas klub masing-masing, dengan tema kebangsaan. Juara pertama diraih oleh HDCI, diikuti oleh Baikers HD, dan Garsa.

Pada kesempatan ini juga dideklarasikan Indonesia Bikers Bersaudara United (IBBU), dengan pembacaan deklarasi dilakukan oleh Ketua Umum HDCI, Komjen Pol. (Purn) Nanan Sukarna. "Latar belakang deklarasi IBBU tak bisa dilepaskan sebagai pengejawantahan Empat Pilar MPR RI, khususnya dalam mengejawantahkan semboyan Bhineka Tunggal Ika," apresiasi Bamsoet.

The Changcuters hadir sebagai penghibur bagi para pengunjung. Uniknya, artis yang menyuguhkan campuran aliran punk, indie pop dan rock ini, ini tampil beda. Seluruh anggota The Changcuters memasuki area panggung dengan menaiki motor mini dengan didampingi komunitas motor mini, Rocks Mini. Membawakan lagu-lagu andalannya, The Changcuters pun menunjukkan apreasinya untuk tampil di acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI.

Dalam acara yang diadakan hingga menjelang sore hari ini, terdapat beberapa hadiah doorprize berupa motor listrik, motor matik, voucher Sultan Hotel & Residences, dan lain-lain, bagi seluruh yang hadir. Hadiah utama berupa motor matik diraih oleh biker dari komunitas Ojol atau Ojek Online, yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum MBI, Satrio Nur Rachmanto yang akrab dipanggil Rio Castello.

Acara ini dinilai luar biasa oleh para peserta dari berbagai klub dan komunitas, termasuk juga oleh youtuber ternama, Atta Halilintar, yang ikut memeriahkan acara ini. “Luar biasa, yang hadir dari motor besar maupun kecil, acara ini dapat mempersatukan banyak orang,” kata tokoh muda dari kalangan milenial ini.

Rio Castello menyebutkan kebanggaannya bahwa MBI kembali membuat acara besar di area Gedung Senayan. “Tahun lalu, kami juga pertama kali mengadakan acara biker Pesta Rakyat Bikers Jakarta serta Deklarasi MBI DKI Jakarta. Merupakan kebanggaan bahwa kami dipercaya untuk kembali membuat acara besar di sini untuk para bikers Indonesia.” Pria ramah senyum ini pun menyatakan apresiasinya kepada seluruh bikers yang hadir. “Kami sangat bangga atas kehadiran para sahabat semua: HOG Anak Elang Jakarta Chapter, POG, HDCI, HOG Jakarta Chapter, CMC Bersaudara, Bikers Brotherhood 1% MC, Baikers HD, Bikers Brotherhood MC, FOC, GSrek Indonesia, Vulcan Riders Indonesia, VOID, HTCI, Royal Riders Indonesia, Garda, Nmax Riders, Vespa Antique Club, dan lain-lain yang tak bisa saya sebutkan satu per satu. Terima kasih.”

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Niko Marcellino menyampaikan apresiasi mendalam untuk seluruh sponsor dan pendukung acara, “Kepada seluruh bikers, dan juga para pendukung acara yaitu Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Prestige Image Motorcars, Gesits, Maktour, Indian & Victory Motorcycles, Sultan Hotel & Residence, JNE, Warna Warni, Viro, Neo Akhsaya, Aotuo, Rider, RS Colombia, RS Murni Teguh, Bikersnote, Klinik Sunat Paramadina, dan semua sahabat, kami sampai terima kasih,” kata Niko yang juga adalah Wakil Ketua Umum MBI ini.

Bamsoet menyatakan apresiasinya bagi seluruh Panitia, Klub dan Komunitas yang turut berpartisipasi, dan seluruh pengunjung yang hadir. "Dimulai dari bikers, kita akan sebarkan virus persatuan ke berbagai elemen bangsa lainnya. Sekaligus membuktikan bawah kalangan bikers tak pernah abai dengan kondisi bangsa dan negara," tutup Bamsoet.

Foto: Dokumen MBI