Riding Motoran Yuk II | Berdakwah Lewat Motoran

Riding Motoran Yuk II | Berdakwah Lewat Motoran

Feb 11, 2019 Gastank Family

Komunitas motor berbasis keagamaan kini semakin beragam. Salah satunya Motoran Yuk. Komunitas yang diprakarsai oleh Teuku Wisnu ini telah dibentuk pada bulan April 2018, dan kini menggelar kegiatan riding ke-2 nya pada Sabtu, (9/2/19) mengusung tema Ride and Relax.

Acara riding ini diikuti oleh sekitar 100 motor yang start daripukul 06.30 WIB melalui rute Pondok Indah - Prasetya Mulya, Citos, Antasari, Jalan Abdul Muis, lalu finish di venue Jambokopi Kemang, Jakarta.

Motoran Yuk sendiri adalah sekumpulan pemuda dengan hobi motor bermacam tipe, juga lintas generasi yang didalamnya banyak beranggotakan publik figure, salah satunya Teuku Wisnu sebagai Foundernya. Club ini tidak merekrut member, hanya ada para Foundernya. Namun tiap kali akan diadakan kegiatan riding, siapapun diperbolehkan ikut bergabung dengan cara melakukan registrasi.

Motoran Yuk bisa disebut sebagai ‘geng motor anak baik-baik’ dengan motto yang diusungnya yaitu "geng motor yang suka riding bareng, makan, seseruan, ngobrol asyik, silaturahim, nongkrong hepi dan yang penting Foto-foto".

Kegiatan dari Motoran Yuk sendiri bukanlah touring, melainkan riding yang diadakan sebulan sekali mengitari daerah Jakarta. Menariknya, tiap kali kegiatan akan selalu disisipkan tausyiah dari ustadz yang berbeda, seperti pada kegitan kali ini oleh Ustadz Agus Hendra.

Dikatakan oleh H. Dedy, salah satu Foundernya, “Motoran Yuk berangkat dari musyawarah dan ‘hijrah’ yang lagi ngtren di kalangan anak muda Jakarta. Kita ingin menularkan kebaikan nggakhanya sebatas di lingkungan majlis ta’lim, tapi juga menggandeng teman-teman yang naik motor. Makannya daripada hanya nongkrong, kita sisipkan kajian sekitar 30 menit. Insyallah kita ada kebaikan yang kita bisa amalkan dan dibawa pulang ke keluarga. Target kita sekarang sih, shalat tepat lima waktu berjamaah.” ungkapnya.

Kegiatan ke-2 ini banyak dihadiri public figur, beberapa dia ntaranya adalah pesinetron Ricky Harun dan Ibnu Jamil. Salah satu yang juga turut hadir dan selalu support dalam kegiatan serupa adalah Jhody ‘Bedjo’.

“Sebenarnya Motoran Yuk ini akan menjadi bagian dari tayangan di sebuah stasiun televisi. Kita pengen ngasih sebuah tayangan kebaikan dari sisi yang berbeda. Kita juga sengaja memilih ustadz yang tidak terlalu berat dan berbeda-beda agar penyampainnya ‘sampe’ ke anak motor. Intinya sih kita ingindari setiap kegiatan ada sesuatu kebaikan yang kita bawa pulang,” jelas Jhody.

Hingga saat ini, peserta kegiatan Motoran Yuk sendiri masih sebatas untuk laki-laki. Disambung oleh H Dedy, “betul, jadi konsepnya adalah mengajak saudara kita untuk berbuat baik, minimal dari anggota kita sendiri. Kedepannya siapun yang ingin bergabung, kita sangat welcome,” pungkas H. Dedy.

Teks: Wildaf, Foto: Suhendra Akbar.