Road to Indonesian Custom Show | Begini  Gelaran  Event Custom di Tengah Pandemi

Road to Indonesian Custom Show | Begini Gelaran Event Custom di Tengah Pandemi

Nov 03, 2020

Usai sudah gelaran Road To Indonesian Custom Show yang berlangsung di Hartono Mal pada 29 Oktober sampai 1 November 2020 lalu. Ajang untuk mengapresiasi karya builder tanah air ini berlangsung mulus meskipun dihelat pada suasana pandemic covid-19.

Dari cacatan Gastank Magazine yang hadir langsung meliput acara ini ada beberapa hal yang membuat event ini terselenggara dengan mulus. Salah satunya pihak ICS bekerja sama dengan Gugus Penanganan Covid-19 DIY jadi Road to Indonesian Custom Show menjadi pra perhelatan Indonesia Custom Show yang juga menjadi simulasi perhelatan akbar di tengah pandemi Covid-19.

Jadi seluruh pengunjjung yang masuk ke area Atrium Hartono Mall tempat berlangsungnya ajang ini tercatat. Mulai dari sistem registrasi online buat pengunjung yang diterapkan seiring dengan adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19.

“Penerapan Protokol Kesehatan dengan Sistem Registrasi Online Pertama Meskipun digelar di tengah pandemi, Road to Indonesian Custom Show tidak menyurutkan animo masyarakat atau pegiat custom untuk datang. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 ketat diterapkan sepanjang acara,” ujar B. Kunto Wibowo, Show & Shine Director Indonesian Custom Show.

Jadi selama Road to Indonesia Custom Show digelar di Hartono Mal, terdapat sejumlah protokol kesehatan yang harus ditaati, meliputi, kru, pengisi acara, tenant dan pengunjung wajib menggunakan masker tanpa terkecuali, diwajibkan mencuci tangan dan memakai hand sanitizer sebelum masuk area pameran, serta pemeriksaan suhu tubuh. Ada pula, penyemprotan disinfektan secara berkala yakni pada pukul 12.00 WIB dan 18.00 WIB setiap harinya.

"Penyelenggara juga sudah menyiapkan petugas khusus di titik-titik tertentu untuk mengatur sirkulasi pengunjung guna mencegah terjadinya kerumunan, serta membuat peringatan terkait protokol kesehatan Covid-19 di area pameran”, kata Budhi Winarno, Project Director Indonesian Custom Show.

Rata-rata terdapat 1.500 pengunjung yang mendaftar untuk datang ke perhelatan ini melalui aplikasi. Pengunjung yang masuk ke area pameran dibatasi 100 orang secara bergantian. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat ini bagi pembatasan jumlah pengunjung memakai soft ware khusus yang tercatat di layar monitor. “Jadi jika sudah memlebihi kapasitas di dalam area pameran, pengunjung harus  menunggu antri sampai pengunjung yang ada di dalam keluar,” lanjut Kunto jadi jumlah orang dalam area Indonesian Custom Show dapat di kontrol. 

Dari seluruh upaya protokol kesehatan yang dilakukan untuk melancarkan gelaran ini, Indonesian Custom Show mendapat apresiasi Koordinator Danang Samsu. "Platform yang digunakan di Indonesian Custom Show harapannya bisa diikuti semua event di Yogyakarta," kata Danang.

Selanjutnya event utama Indonesian Custom Show akan digelar menunggu ijin keluar dari resmi dari pihak pemerintah dan benar-benar aman untuk digelarnya event. “Begitu lampu hijau event boleh digelar kami akan langsung umumkan tanggalnya, yang jelas untuk penyeleggaraan event dengan standar protokol kesehatan Covi-19 perangkatnya sudah kita siapkan semua,” pungkas Rudi Purnomo salah satu Founder Indonesian Custom Show .

Waahh udah gak sabar nih ... !

 Teks & Foto : Olebelo