Royal Enfiled Bullets 500 | Order Dari Inggris

Royal Enfiled Bullets 500 | Order Dari Inggris

Feb 09, 2021

Order pengerjaan bengkel custom ternyata tidak terkendala oleh jarak, meskipun customer berada di lain benua tetapi proses menggarap motor bisa dijalani. Seperti project Royal Enfield Bullets yang digarap oleh Krom Works, pemiliknya yang tinggal di Inggris order langsung untuk tambahan koleksi motornya.

“Jadi ceritanya pertengahan tahun lalu saya dapet email dari Keith Edney yang

tinggal nya di  Chertsey, Surrey, KT16 9HE United Kingdom. Dia sampaikan untuk dibuatkan motor dan bisa dikirim ke negaranya,” buka Andrika Pratama builder muda dari Krom Works.

Menurut Andika Keith Edney sendiri sudah memiliki 1 unit motor Royal Enfiled Bullets 500, tetapi dia ingin tampilan motornya diubah total layaknya motor-motor concept. Tanpa banyak pertimbangan permintaan ini langsung disambut oleh Andika untuk menggarap motornya.

“Buat saya ini challenge dan pengalaman baru mengerjakan motor milik customer yang ada di luar negeri. Jadi kita jadi tau banget standar yang mereka minta, buat saya pribadi ini membuka jalan saya bahwa berkarya itu tak ada batasan,” lanjut Andika lagi.

Selain mesin seluruhnya dikerjakan handmade mulai dari frame lengan ayun, girder dan tentunya bagian body yang desainnya dibuat out off the box layaknya concept bike.

Kali ini material yang dipakai Andika mengeksplor pelat besi tebal yang dirangkainya bagian-demi bagian menjadi sebuah rangka. Untuk lengan ayun dan fork depan juga dikerjakan sendiri secara hand made dengan material besi.

“Kalo untuk bagian bodi saya pakai material stainless still yang nantinya untuk finishing akan saya polish, tetapi buat frame nanti akan saya cat sesuai warna yang direquest oleh pemiliknya,” jelas Andika yang merupakan anak sulung Dodi Irhas buider Chrome Cycles.

Selain itu detail yang diolah oleh Andika dari motor ini yang paling menarik bagian hubnya, untuk depan dan belakan juga lewat proses hand made. Dibuat model classic dengan desain terinspirasi dari motor-motor Inggris keluaran 1970an.

Saat ini motor dalam proses pengecatan, targetnya di akhir bulan akan rampung dan minta dikirim ke negaranya yang asal Inggris. “Kita kirim bukan unit motor tetapi hanya part-part customnya saja yang nanti akan dirangkai oleh sebuah bengkel rekanan sang pemilik motor di Inggris,” tutup Andika. 

Teks : Oleb Foto: KromWorks