Satu Horsepower Dijelaskan Dalam Film Pendek

Satu Horsepower Dijelaskan Dalam Film Pendek

Jun 18, 2019 Boys Toys

Istilah horsepower sangat familiar ketika membicarakan soal daya. Horsepower atau tenaga kuda digunakan sebagai indikator utama berapa banyak daya yang dihasilkan mesin. Tapi ada nggak sih yang benar-benar menjelaskan apa arti sebenarnya dari horsepower dan bagaimana cara penghitungan aslinya?

Di film pendek berdurasi 8,57 menit persembahan dari Chevrolet Motor Division, dijelaskan bagaimana asal usul istilah horsepower muncul, bagaimana James Watt sebagai orang yang pertama kali menghitungnya, dan mengapa ia digunakan.

F.Y.I., Film pendek ini diproduksi pada tahun 1937 dan perhitungannya masih sama hingga saat ini. Meski sebagian daerah lebih senang penggunakan perhitungan kilowatt, namun horsepower nyatanya lebih digunakan secara global.

Dalam film pendek tersebut ditunjukkan untuk menghitung berapa satu horsepower, James Watt mempelajari kuda yang bekerja. Dia mencatat bahwa kuda rata-rata dalam kondisi fisik rata-rata mengerahkan jumlah daya yang akan menaikkan £ 550 jarak 1 kaki (sekitar 30.48 cm) dalam 1 detik. Jika bekerja terus menerus selama satu jam, maka kekuatan yang sama akan menggerakkan total 33.000 lbs jarak 1 kaki. Kemudian James Watt mengambil unit ini sebagai angka, dan menamakannya “one horsepower” atau "satu tenaga kuda".

Di film itu sendiri ditunjukkan jika beda jenis kuda beda juga tenaga yang dihasilkan dikarenakan perbedaan peruntukan. Misalnya satu kilowatt adalah sekitar 1,34 mechanical horsepower, dan satu horsepower dihitung sebagai horsepower kekaisaran dengan output 745,7 watt, atau metric horsepower. Untuk mengerti lebih jelas, loe bisa lihat sendiri videonya di sini.

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.