Sosok Katalis EV.500 Racikan Katalis Company

Sosok Katalis EV.500 Racikan Katalis Company

Apr 11, 2020 Custom Bike

Entah apa yang salah, melihat deretan motor atau kendaraan listrik yang ditawarkan pabrikan ternyata oleh  belum menarik sebagain besar pengendara untuk memilikinya. Terbukti jika mengamati motor-motor yang berlalu-lalang dijalan masih sulit bertemu atau papasan dengan kendaraan listrik khususnya jenis kendaraan roda dua.

Namun berbeda dengan inovasi yang ditawarkan oleh Katalis Company, sebuah  Studio desain dan branding yang berbasis di Fatmawati, Jakarta Selatan saat menggarap dan memodifikasi motor listrik dengan basik Selis Garuda. Lewat ubahan yang unik dan kemasaan yang apik mampu membuat banyak motorcycle enthusiast penasaran.

“Kami baru saja merampungkan project karya modifikasi kendaraan listrik bertajuk Katalis EV.500 basicnya diambil dari Selis Garuda. Sebetulnya motor ini kami siapkan untuk mengikuti ajang Indonesian Custom E-Moto Expo & Championship (ICEC) salah satu konten acara pada  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020.” ucap Principal Designer Katalis Company, Julian Palapa yang terpilih menjadi peserta di kelas Freestyle yang kendaraannya sudah disediakan oleh pihak IIMS, sedangkan untuk kelas Enthusiast mengandalkan motor sendiri sedang dalam proses pengerjaan.

Pada kelas enthusiast ini Katalis EV.500 yang ditukangi oleh Katalis Company rencananya akan bersaing dengan builder-builder terpilih lainnya. Seperti Brenk Motorcyclops,  Hantu Laut Kustom, GTX Motorcustom, V-Twin Garage, Dinov Garage, Ivan Bengkel Custom, Univ Budi Luhur, Dog Shelter Custom, Katalis.ID, SBS Garage, Saikin Garage, Magned Two & Co. Nah, tentunya bakal seru nih persaingannya.

KONSEP WWII

Julian menambahkan untuk kosep motor listrik ini mengambil landasan desain dari pesawat tempur khas Perang Dunia ke-2 (WWII). Rupanya untuk menggarap motor listrik ini hanya perangkat dynamo dan roda serta instrument standar bawaan motor yang dipakai, sisanya part dibuat baru semua.  Ia mengganti keseluruhan rangka dan swing-arm dengan bahan baru yang terbuat dari aluminium dengan seri 6061.

“Sebelum motor mengandalkan body bahan aluminium awalnya kita buat mall seluruh body dengan bahan pelat besi, jadi body yang kita garap pertama itulah yang menjadi mesternya. Nah, pemilihan material aluminium pada beberapa partnya diyakini oleh Julian untuk meredam bobot keseluruhan motor

Secara keseluruhan konsep tunggangan ini merupakan bauran dari nostalgia desain militer tempo dulu, sedikit elemen visual khas Jepang, yang diramu dengan teknologi listrik masa depan. “Kami rasa cukup langka ada desain motor listrik yang body atau shield-nya menggunakan bahan metal,” tambah Julian. Selain itu, pengendaranya juga akan dimanjakan berbagai panel instrument yang bergaya retro, namun fungsional. Mulai dari voltmeter analog hingga saklar lampu.

Julian juga menjelaskan bahwa tidak hanya meningkatkan visual dari Selis, terutama seri Garuda yang menjadi basis, EV.500 juga diharapkan cukup ergonomis sehingga seakan menyatu dengan gerakan pengendaranya. “It's like you're riding the bike, together with the bike,” tegasnya Julian.

Konsep tunggangan Katalis ini sebagai alat transportasi mengedepankan tiga variable utama dalam mengembangkan EV.500. “Pertama adalah EV.500 harus memberikan nuansa kebebasan dalam akses terhadap mobilitas bagi para penggunanya. Kedua adalah EV.500 harus mampu memberikan kebahagian bagi para penunggangnya ketika berkendara,” timpal Head of Strategy dari Katalis, Joseph Sinaga

“Mengapa hal ini penting, kami merasa bepergian atau mobilitas bukan hanya beranjak dari satu titik ke titik lainnya. Namun, perjalanan yang memiliki makna bagi kehidupan, dengan berbagai latar belakang cerita dari setiap perjalanan tersebut. Tentunya, perjalanan yang ditempuh dengan EV.500 haruslah diiringi dengan kebahagiaan,” lanjut Joseph.

Sebagai poin ketiga, Ia menjelaskan bahwa EV.500 turut menawarkan pengalaman berkendara yang bebas dari polusi udara dan turut menjaga lingkungan sekitar. Kehadiran EV.500, dapat menjadi cetak biru bagi Katalis dalam mengembangkan solusi mobilitas masa depan. “It’s a micro-mobility solution according to changes in society and people’s lifestyles.” ucap Joseph.

Julian turut berharap bahwa dengan hadirnya Katalis EV.500 yang diluncurkan bersama IIMS secara digital di Instagram, dapat menjadi pemicu, juga pemacu generasi muda untuk terus berkarya. “Di rumah bukan berarti diam. Kita dapat belajar sambil melakukan banyak hal. Kami percaya bahwa yang membatasi sebuah desain hanyalah kemauan dari setiap orang untuk berimajinasi. Kalau kami bisa membuat motor dari rumah, generasi muda lainnya juga bisa,” imbuh Julian.

Motor modifikasi ini rencananya akan dilelang usai peluncuran bersama IIMS. “Berminat membeli motor ini, silakan hubungi Katalis melalui email atau Instagram,” urai Joseph.

Nah, updated terbaru setelah sosok motor ini sosoknya bertebaran didunia maya dan layar sentuh nitizen justru banyak permintaan order Katalis EV.500. “Sampai saat ini ada 10 orang peminat serius, sedang saya hitung proses produksinya. Insya allah kita produksi terbatas maksimal 12 unit,” tutup Julian.

Terbukti dengan kemasan yang berbeda menjadi jauh lebih menarik dan berbeda juga pasar yang dijangkaunya.

 Teks : Olebelo Foto: Katalis Company