Suryanation Motorland 2019 Makassar

Suryanation Motorland 2019 Makassar

Sep 09, 2019 Event

Sejak siang hari, custom enthusiast Kota Makassar sudah mulai memadati Phinisi Point, area tempat digelarnya Suryanation Motorland Battle Seri 3 yang digelar Sabtu, (7/9/19). Lebih dari 31.000 pengunjung memadati acara yang mengusung tema “Inspiration in Action” tersebut.

“Antusiasme pecinta custom di Makassar kali ini sangat luar biasa, dari awal acara sampai dengan malam ini terlihat pengunjung tidak henti berdatangan ke lokasi acara. Suatu kebanggaan bagi kami melihat kehadiran acara ini dinanti oleh masyarakat kota Makassar,” kata Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Selain pengunjungnya, Makassar selalu memiliki antusias tinggi soal custom bike contestnya. Terbukti dengan 131 motor custom yang lolos pada gelaran kali ini. ini merupakan jumlah terbanyak dari dua kota sebelumnya.

Di seri ketiga kali ini, motor milik Abdul Syahril dengan basis Harley-Davidson FXR 1984 bergaya chopper menjadi Best of The Best region Makassar. Motor ini merupakan hasil kolaborasi ide dan pengerjaan bersama dengan Protechnics Moto. ‘”Ide pembuatan ini didapatkan pada saat kami pergi bersama setelah menjadi pemenang Suryanation Motorland 2017 di Verona. Kami banyak berdiskusi mengenai ide dan konsep. Setelah kembali ke Indonesia akhirnya kami mulai untuk mengerjakan proyek motor ini,” papar Syahril.

Kolaborasi untuk pengerjaan seluruh bidang mesin seperti cover girbox, cover rocker arm, primery cover, intake carburator dan detail lainnya dikerjakan dengan cara diukir layaknya karya seni. Proses sentuhan akhir pada cat dikerjakan oleh Danny ‘Hacka Pinstriping’.

Di motor ini juga dilakukan sebuah eksperimen yang membuahkan karya apik, frame dengan model rigid diramu dengan front end dengan model single girder yang diaplikasikan pada mesin Harley Davidson FXR. Selain menjadi Best of The Best, motor ini juga menjadi The Best Painting dan The Best America V-Twin di kota Makassar.

Secara keseluruhan dewan juri yang melakukan penilaian kali ini memberikan pandangan mengenai meningkatnya kualitas karya peserta tahun ini. Juri internasional asal Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company menambahkan dirinya sudah beberapa kali ke Indonesia dan melihat ada peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. Satu hal menarik yang diungkapkan oleh Kurosu pada kunjungannya kali ini adalah ia mengaku mendapatkan inspirasi dari salah satu motor milik peserta yang mengikuti kontes.

Suryanation Motorland Battle juga menampilkan Live Artworker dari Freeflow, Petrichor Tattoo dan Never Too Lavish, serta area F&B, Tigrehood dan Von Dutch. Menjelang malam, penampilan dari Bondan Prakoso dan Noah menjadi pamungkas gelaran Suryanation kali ini.

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.