Tetap Berkarya di Balik Jeruji Besi

Tetap Berkarya di Balik Jeruji Besi

Des 10, 2019 Gastank Family

Berkarya tak mengenal batasan. Buktinya beberapa narapidana penghuni lapas di Nusakambangan. Dengan segala keterbatasan yang ada, mereka bisa berkarya membangun motor custom.

Adalah kawan-kawan yang tergabung dari Suket Teki Nusakambangan Custom (STNK). Keterbatasan alat-alat bengkel tak menjadi penghalang.

Berbagai motor dengan style custom yang berbeda pernah digarap oleh tim STNK ini. Misalnya Kawasaki Ninja 250 yang dengan apik sudah dicustom bergaya street tracker. Ada juga basic Honda C70 yang berubah total tampilannya jadi street cup chopper dengan rangka belakang rigid dan fork depan custom.

“Keterbatasan ini tak menghalangi semangat kami untuk selalu berkarya mengisi hari-hari kami di sini,” ujar Arwin yang mempunyai keahlian di bidang cat.

Paling menarik perhatian tampilan motor yang menyerupai BMW R25 classic, basicnya diambil dari mesin Yamaha Scorpio. Seluruh frame dan bodinya digarap sendiri oleh tim STNK di bengkel lapas.

“Di Lapas Permisan ini kami mewajibkan warga binaan memiliki kegiatan yang positif, mulai dari membatik, bercocok tanam hingga ada beberapa yang memilih dunia custom sebagai kegiatannya. Sayangnya kami terkendala dengan pengadaan peralatan. Meski dengan alat seadanya, kawan-kawan di sini sudah menghasilkan 3 motor custom milik sipir,”jelas Daniel Kristianto, Amd.Ip.,SH.,M.H, selaku kepala KPLP.

Oh iya mengingat bengkel di dalam lapas terbatas alat kerja dan kunci-kunci yang tak semuanya komplit, mereka butuh support dari para pecinta roda dua agar tim STNK di dalam lapas bisa terus beraktivitas untuk menghasilkan karya.

Sebagai bentuk support terhadap kegiatan tersebut, kalian bisa membantu dengan mengirimkan part-part yang sudah tidak terpakai. Mulai dari kunci-kunci atau berbagai part motor, seperti velg, setang, sasis, tangki, spakbor, hingga unit motor yang sudah tidak terpakai lagi. 

Untuk pengumpulan donasi alat-alat ataupun sparepart yang ada, bisa dikumpulkan dan di serahkan ke sekretariat yang akan didirikan di Kota Cilacap. Semua donasi yang masuk nantinya dikumpulkan sebelum di serahkan ke kawan-kawan yang ada di Lapas Nusakambangan. Untuk yang hendak berdonasi, bisa kontak ke Chepi (0858 1053 0100).

Teks & Foto: C-pi.