The 31st Anniversary Bikers Brotherhood 1% MC

The 31st Anniversary Bikers Brotherhood 1% MC

Sep 23, 2019 Event

Memperingati hari jadinya yang ke-31 tahun, Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) Indonesia menggelarnya di Eks. Bandara Internasional Kemayoran, Jakarta Pusat. Banyak konten acara menarik yang dihadirkan selama dua hari penyelenggaraan pada Sabtu & Minggu, 21-22 September 2019.

Perayaan ulang tahun ke-31 ini menjadi sejarah baru. Pasalnya untuk kali pertama BB1%MC Indonesia menggelarnya di luar Kota Bandung, Jawa Barat. Digelar di Jakarta, acara-acara yang dihadirkanpun khas dengan budaya Betawi.

Seperti dikatakan oleh Sam Gesser, Chief of Event Evolution, “Kenapa memilih eks Bandara Internasional Kemayoranan, kita jangan ngelupain sejarah. Bahwa pintu gerbang Internasional, tokoh-tokoh dunia untuk ke Indonesia itu lewat pintu ini. Bandara ini merupakan salah satu cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi, dan ini didesain oleh Soekarno”.

Acara kali ini juga dikemas sedemikian rupa sehingga memberikan sebuah cara pandang baru dan menginsipirasi bagi klub lain, bahwa acara motor dapat bersanding dan berevolusi berbarengan dengan kearifan lokal. Dengan dtampilkannya kesenian ‘Ujungan dan Rebut Dandang’ yang merupakan tradisi Betawi yang hampir punah.

Sementara tema Evolution yang diusung menggambarkan perubahan ke arah lebih besar demi kemajuan klub. “Pemilihan tema Evolution akan bercerita banyak tentang perkembangan Bikers Brotherhood 1% MC dalam kurun waktu 31 tahun. Sebab banyak perubahan yang terjadi menyangkut dengan klub kami termasuk dinamika-dinamika yang terjadi,” ujar El Presidente BB1%MC, Pegi Diar.

Acara ini juga menjadi moment bagi BB1%MC untuk memberikan penghargaan “Inspiring Bikers” pada 12 bikers yang dianggap telah berkontribusi dan menginspirasi perkembangan dunia permotoran, khususnya di wilayah Jakarta.

“Hari ini kita akan memberikan achievement untuk 12 orang bikers sebagai Bikers Inspiration. Yang ketika saya masih SMP, mereka sudah main Harley-Davidson, tapi seiring perjalanan waktu mereka itu ditinggalkan dan dilupakan oleh bikers-bikers millennial. Mereka memang tidak butuh dihormati, tapi respect bahwa karena mereka, Harley-Davidson ada di Indonesia. Mereka yang mebawa Harley-Davidson pertama kali di sini dan merekalah founder-founder H-D di Indonesia,” tegas Sam Gesser.

Dua belas bikers tersebut adalah; Brother Juned (MACI), Brother Tony Dono, Aki Nanang, Haji Una, Brother Yance, Brother Alm Yayang (BE), Brother Bambang Prabowo, Brother Joko MACI, Brother Kong Leng, Mas Panji Condet dan Mang Njang.

BB1%MC juga mejalankan sejumlah program unggulan di antaranya, Bakti Untuk Negri, dengan didalamnya adalah Brotherhood For Nature, Brotherhood For Culture, Brotherhood For Aducation, Brotherhood For Care dan Brotherhood For Children Care yang ditargetkan berjalan hingga 100 tahun ke depan.

Sementara itu, event diramaikan dengan konten Aerobatic, Terjun Payung, Hell’s Driver by ISHD, Tong Setan, Fun Race, Art Culture Performance, People Choice/Achievement, Auction, Fleamarket, Live Music, Freestyle, Bikers Gathering, Traditional Performance, Go Green Campaign, Barbeque, Bar & Lounge, Hotrod dan Ratbike.

Acara ini juga didukung banyak pihak. Selain dihadiri anggota BB1%MC dari 8 chapter, setidaknya ada lebih dari 150 komunitas berbagai merk kendaraan hadir untuk mensupport acara ulang tahun ke-31 ini. Congratulation BB1%MC! 

Teks: Wildaf, Foto: Suhendra Akbar.