Tour Of Indonesia | Etape 2 (Tasikmalaya-Jogjakarta) – Eksplorasi Jalur Selatan Jawa

Tour Of Indonesia | Etape 2 (Tasikmalaya-Jogjakarta) – Eksplorasi Jalur Selatan Jawa

Mar 20, 2019 Gastank Family

Setelah melalui trek etape pertama dari Jakarta - Tasikmalaya, perjalanan Tour of Indonesia yang digagas oleh Royal Enfield Indonesia untuk pengendara Royal Enfield dari Jakarta – Bali berlanjut. Perjalananan Etape 2 (19/03) dimulai dari kota Tasikmalaya menuju Jogjakarta dengan jarak 294 km.

Untuk rute etape dua ini kami melewati ruas jalan provinsi di Selatan Jawa, dilepas dari Hotel Horison Tasikmalaya tempat tim menginap mengarah ke Majenang yang merupakan kota perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kami melintasi kawasan Cilacap untuk mengarah ke wilayah Banyumas.  Tidak ada yang istimewa pada jalur ini karena merupakan jalur provinsi yang pagi hari masih lengang saat kami melintas.

Untuk rehat siang dipilih kawasan Gombong, Jawa Tengah sekaligus menyantap makan siang di salah satu restoran di wilayah tersebut. Oh ya tidak hanya rider dari Indonesia saja yang ikut serta, perjalanan Tour Of Indonesia ini diikuti rider dari 3 asal rider India (Rahul Fatnani, Vinod D’sa, dan Chaitanya Jay) dan satu dari Singapura (Much. Alkhatib)

Dari Gombong tim langung mengarah ke pantai selatan,  kami disajikan dengan trek yang lurus dan aspal yang mulus. Membuat tim menikmati perjalanan ini apalagi lintaran jalan Daendles merupakan jalan yang baru dibangun treknya masih sepi dari kendaraan yang lalu-lalang, jadi cocok buat peserta mencari sensasi geber motor sampai pol yang di dominasi oleh Royal Enfiled tipe Classic 500 dan Himalayan.

Melintas di jalur pantai selantan ini kami luangkan waktu untuk santai menikmati salah satu pantainya yaitu kawasan wisata Pantai Bocor, karena bukan hari libur pantainya sepi dari pengunjung. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk bermain-main sambil ngegas performa Royal Enfield Himalayan yang di pakai Gastank Magazine.

Tidak hanya pengguna Himalayan saja yang merasakan sensasi melintas di jalur pasir gembur, beberapa pemilik Classic 500 juga penasaran ikutan ngegas di pantai. “Kapan lagi ngegas motor di pantai, ternyata asik juga ya meskipun handlingnya sulit,” ujar Hendra Saputra salah satu peserta dari Royal Rider Indonesia.

Chopperland dari basic Royal Enfield Bullet 350 yang di gas oleh Adrian Anka dari Elders Garage juga tidak menyia-nyiakan moment ini untuk ngegas motornya di pantai. Berputar-putar dibibir pantai seolah ingin berselancar menerjang ombak. Aksi Anka terhenti setelah Chopperland yang di gasnya tergelincir di pasir. “Gak papa masih aman, cuma baut raiser setang motor aja yang copot,” ujarnya. 

Setelah puas explor dan bermain-main di Pantai Bocor tim kembali melanjutkan perjalanan. Motor langsung kami arahkan ke Jogjakarta menuju Pesonna Hotel Tugu untuk istirahat sekaligus menutup perjalanan etape kedua Tour of Indonesia usai. Pada etape ketiga kami akan menjajal rute Jogyakarta menuju Batu, Malang bakal melintas jalur berkelok, di Tawangmangu, kawasan Gunung Lawu.

Teks: Oleb, Foto: Radithya Fajri, Prakoso Umam.