Tour Of Indonesia | Etape 4 (Batu-Probolinggo) - Indahnya Bromo Saat Erupsi

Tour Of Indonesia | Etape 4 (Batu-Probolinggo) - Indahnya Bromo Saat Erupsi

Mar 22, 2019 Gastank Family

Untuk Etape 4 ini tim Royal Enfield Tour Of Indonesia berlanjut menuju kota Batu – Hotel Utama Raya kawasan Paiton, Situbondo JawaTimur. Pada hari ke 4 ini tim Royal Enfield Tour Of Indonesia akan explor kawasan Gunung Bromo (21/03).

Pagi hari tim sudah bersiap siap untuk memulai perjalanan Etape 4. Oh ya, istimewanya kali ini tim kedatangan tamu dari teman-teman Royal Riders Malang mengawal dan mendampingi tim menuju kawasan Bromo. Ada juga teman-teman movement motoran dari Manasi Ride dari Surabaya yang ikut bergabung dengan kami untuk menuju ke Gunung Bromo.

Perjalanan dimulai menuju Malang lalu ke arah Tumpang untuk menuju ke kawasan Gunung Bromo.  Setelah melewati kawasan Tumpang kami langsung dihadapkan dengan jalan menanjak yang cukup lincin lantaran kawasan ini belakangan kerap diguyur hujan. Beberapa ruas jalan juga tampak longsor menuntut peserta extra hati-hati saat mengendalikan motor.

Untuk memasuki areal lautan pasir Gunung Bromo tim melintasi kawasan Pananjakan lalu turun melewati lintasan jalan yang curam dan cukup sempit. Apalagi saat berpapasan dengan Jip yang menagkut wisatawan motor yang kami kendarai harus melipir ke bahu jalan.

Sampai juga akhirnya tim di lautan pasir Gunung Bromo,  kebetulan  aktifitas vulkanologi gunung berapi tersebut sedang aktif dan masih menggeliat, tetapi masih aman untuk wisatawan. Hal ini memberikan pemandangan yang cukup eksotik letupan erupsi yang bisa kami lihat dari jak sekitar 1 km.

Selain menikmati indahnya panorama alam, serta eksotiknya rupa Gunung Bromo yang tengah erupsi, Tim juga memacu adrenalinnya dengan menggeber motornya di trek padang pasir Bromo. Karena memang lintasan pasir yang licin beberapa motor peserta juga ada terlihat  terglincir. Tetapi seluruhnya mampu melahap, trek terjal dan menurun yang ada di Kaldera Bromo.

"Beruntung sekali saya dapat melihat langsung gunung berapi yang masih aktif dan kali ini sedang erupsi. Pemandangannya bagus dan luar biasa, benar-benar mengagumkan dan mempesona mata, "ungkapnya perwakilan dari Royal Enfield India Rahul Fatnani yang ikut tim Tour Of Indonesia 

Setelah tim puas menikmati keindahan Gunung Bromo serta ngegas motor di hamparan pasir perjalanan kembali di lanjutkan. Sialnya saat keluar dari kawasan Gunung Bromo untuk menuju ke Probolinggo tim langsung disambut dengan guyuran hujan.

Praktis perjalanan dari Probolinggo menuju Hotel Utama Raya, dekat denga PLTU Paiton yang merupakan pembangkit listrik terbesar se-Asean berada di kawasan Situbondo, Jawa Timur riding gear tim basah kuyup. Akhirnya jelang sore hari tim tiba di hotel untuk istirahat. Selanjutnya rombongan Tour Of Indonesia akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata Bali.

Teks: Oleb, Foto: Radithya Fajri, Prakoso Umam.