Triumph Hadirkan Lini Motor High-End - Truxton dan Rocket TFC

Triumph Hadirkan Lini Motor High-End - Truxton dan Rocket TFC

Jan 30, 2019 New Bike

Triumph memperkenalkan lini terbaru di jajaran motor high-end, all-new Triumph Factory Customs (TFC). Ini merupakan motor ultra-premium yang diproduksi terbatas yang dibuat dalam dua varian, Thruxton dan Rocket. Bisa dikatakan, TFC adalah versi lain dari lini motor Harley-Davidson CVO.

Member pertama dari motor premium ini adalah Triumph Truxton TFC. Motor ini dibuat spesial dan hanya akan diproduksi sebanyak 750 unit. 200 unit untuk pasar Amerika dan hanya 20 unit yang akan dikirim ke Canada. Masing-masing motor akan diberi nomor seri khusus dan personal book dengan surat otentikasi bertanda tangan.

Seperti dikutip dari The Drive, peluncuran Triumph Factory Custom 2019 yang eksklusif ini merupakan momen penting bagi desain custom Inggris. Setiap model TFC mendapat peningkatan dari segi performance, teknologi, teknik, spek dan finishing.

Lalu apa yang membuat Thruxton TFC begitu istimewa? Sebagian besar jawabannya adalah estetika, sebagian lagi fasilitas mekanis. Seri spesial ini menggunakan bahan-bahan premium pada semua partsnya. Sebut saja serat karbon, dan kini mengaplikasi lebih banyak aluminium untuk mengurangi bobot sekitar 22 pound, sekaligus untuk menambah estetikaya. Jika diamati lebih detail, maka akan terlihat sisi premium dari pada seri Thruxton biasanya.

Sisi mekanis juga diupgrade. Meski masih menggunakan mesin parallel-twin Bonneville 1200, mesinnya mampu memompa extra 10 hp di atas Thruxton R yang hanya memiliki tenaga maksimal 106 hp. Seri baru ini juga dilengkapi dengan muffler titanium Vance & Hines, ban balap Metzeler Racetech RR, suspensi Öhlins dan rem Brembo.

Motor bergaya café racer ini dibanderol $ USD 21.500 atau sekitar Rp 300 jutaan. Kenaikan ini hampir 40 persen dari Thruxton R reguler. Hal ini menjadikan Triumph Truxton TFC paling mahal di jajaran motor Triumph.

Model kedua adalah Concept Rocket TFC. Sayangnya secara teknik, motor ini masih berupa konsep, namun bentuk dan tampilannya dianggap sudah siap untuk diproduksi. Triumph mengatakan jika Rocket TFC akan menjadi ‘motor pamungkas’ yang hadir dari jajaran high-end. Detail lengkapnya baru akan diluncurkan pada 1 Mei 2019 mendatang.

Teks: Wildaf, Foto: Triumph Motorcycle.