Vespa Sprint 1977 | Elders Electrico

Vespa Sprint 1977 | Elders Electrico

Mar 24, 2021

Electric Vehicle (EV) atau kendaraan dengan tenaga listik kayaknya udah mulai mendekat di sekitar kita ya. Baik itu APM sampai custom builder sudah mulai ‘bermain’ di ranah ini.

Klo di skena custom EV sudah jadi mainan baru, beberapa builder mulai serius menggarapnya. Ada Katalis.Co sejak tahun lalu sudah develop beberapa model motor listrik custom.  Ada juga builder-builder lain seperti Katros Garage yang digandeng oleh salah satu kampus untuk custom motor listrik.

Begitu juga dengan Elders Garage yang baru saja meluncurkan sosok Vespa dengan mesinnya sudah dicangkok dynamo motor listrik. Menarik dan unik dilihatnya karena populasi scooter asal Italia ini di negara kita cukup bejibun, memengkinkan banget bahan motornya diganti dengan motor lisrik.

Scooter yang diberi sebutan Elders Electrico ini mengandalkan atau donornya dari Vespa Sprint 1977. “Biar enak tampilannya dikasih sentuhan custom, mulai bodinya sampai kita pasang part aftermarket dari Vespa,” ujar Heret Frasthio dari Elders Garage.

Untuk part aftermarketnya mengandalkan Disc break grimeca (SIP) agar pengereman lebih mumpuni. Sedangkan untuk kaki kaki depan dilipih menngunakan front fork and shock vespa Excel.

Areal kemudi juga dibiarkan telanjang tidak lagi mengandalkan setang berikut rumah lampu yang jadi ciri khas scooter Itali tersebut. Terlihat lebih ringkas karena tidak ada lagi presneling di bagian kanan setang.

“Sedangkan untuk bagian mesin Vespa yang sudah lepas kita ganti dengan motor listrik  sudah PnP denga body scooter vespa tipe large frame,  classics Sprint, Super, Bajaj, dan Super vbb,” lanjut Heret lagi.

Heret mambahkan di Elders Garage ada 3 pilihan motor listrik yang dipakai, mulai dari Qs v1 1kw drum brake, Qs v1 2kw disc brake, dan Qs v1 3kw disc brake. “Untuk motor listrik di frame Vespa Sprint ini modelnya langsung nempel di hub belakang, kita pakai yang tipe Qs v1 1 kw dengan sistem pengereman drum bike,” jelasnya.

Seluruh pengerjaan scooter listrik ini dikerjakan oleh tim ada buildernya Ari and Jeje , sistem kelistraikan dikerjakan oleh Herwan sedangkan untuk hand painting body hasil karya Novito Yoga.

Berikut paket motor listrik yang ditawarkan oleh Elders Garage:

Spec kit vespa electric..... 25.8 juta

Battery : panasonic tesla model3 ncr21700  72v 24ah.

Motor: Qs v1 3kw disc brake

Controller: yyk 80a blutooth conection smartphone

Maximum speed 75-80kmh

Maximum range 60-75km on eco mode

Chraging time 5h

Spec kit vespa electric..... 21.8 juta

Battery : panasonic tesla model3 ncr21700  60v 24ah.

Motor: Qs v1 2kw disc brake

Controller: yyk 50a with bluetooth modul

Maximum speed 50-55kmh

Maximum range 45-50km on eco mode

Chraging time 8h

Spec kit vespa electric..... 17 juta

Battery : dgmc inr18650 60v 15ah.

Motor: Qs v1 1kw drum brake

Controller: yyk 50a witout bluetooth modul

Maximum speed 50-55kmh

Maximum range 35-40km on eco mode

Chraging time 8h

Biaya pemasangan Rp 1,5 juta

Teks: Belo Foto: Istimewa