W175 Boxer Engine by Papnmam Modified

W175 Boxer Engine by Papnmam Modified

Mar 14, 2019 Custom Bike

Custom engine semakin banyak dilakukan builder tanah air. Salah satunya punggawa PapnMam Modified , Hendra Cahyono yang menggabungkan W175 dan Honda Mega Pro menjadi berkonfigurasi boxer dan diupgrade menjadi 400 cc.

“Ini motor nol kilo meter. Dari diler langsung minta diubah sama ownernya,” buka Hendra. Adi Siswo Widjono sang owner, rupanya terinspirasi dari mesin Moto Guzzi yang miring ke atas. Namun motornya kali ini justru mengambil contoh dari model mesin BMW Motorrad.

Ini merupakan kali pertama dari builder asal Semarang ini melakukan perubahan besar pada mesin. Prosesnya sendiri tidak singkat sampai memakan waktu sekitar 9 bulan pengerjaan. Hal ini karena banyak part yang harus dibuat handmade tanpa bantuan alat modern. Sebut saja mulai dari mesin boxer, side cover, tangki, swing arm, frame, finishing, dan masih banyak lagi.

Hendra harus mengubah jalur oli dan untuk mengalirkannya, ia memberi dua pompa oli sekaligus. Termasuk dua spul dan dua magnet, satu untuk mengisi aki sedangkan satunya untuk arus pengapian.

Beberapa kesulitan juga tak jarang ia temukan. “Saat nggak balance, pasti akan muncul getaran yang lumayan parah. Tapi sekrang udah ketemu solusinya,” jelasnya.

Custom lain yang menarik ada knalpot yang bisa disetting tingkat kebisingannya. Knalpotnya menggunakan semacam sistem buka-tutup electric dari dynamo. Jadi bisa dipilih suara agak lembut atau ngeblar.

Sektor kaki-kakinya nampak mencolok. Dibangun a la scrambler, motor berjuluk Betrayer ini dipasangkan suspensi depan yang kini kekar dengan model upside down digabung dengan kaliper Brembo, sementara sisi belakang tak kalah kerennya yang mengaplikasi dari Ohlins.

Pada roda, ukuran velg sudah melebar menjadi 3,5 inch dari TK yang dilengkapi dengan ban Shinko E805 profil besar berukuran depan-belakang 130/80-150/70.

Beralih ke depan, bagian kemudi menggunakan stang fatbar yang dipasang dengan steering damper kepunyaan Honda CBR 600 yang sudah dicustom menjadi electric.

Mundur sedikit, bagian tangki dicustom dengan ukuran cukup besar yang dibuat a la tangki Moto Guzzi V7, disambung dengan jok berwarna coklat dengan jahitan merah yang terkesan retro.

“Untuk finishing, kita poles dengan sentuhan krom pada beberapa bagian seperti tangki, spakbor dan side cover. Detail ini cukup lama pengerjaanya karena sifat material krom yang berbeda. Jadi nggak boleh ada sedikit kesalahan,” pungkas Hendra. Aksen warna kuning-oranye juga dipilih sang owner untuk tampilan yang lebih berwarna. Kini tampilan Kawasaki W175 sudah tergantikan dengan aura moge.

Teks: Wildaf, Foto: Bagus Adityatama.