YAMAHA SR400 1997 – BLACK SCRAMBLER

YAMAHA SR400 1997 – BLACK SCRAMBLER

Sep 16, 2020 Custom Bike

Meskipun bukan motor produksi lokal tetapi, lima tahun belakangan keberaan Yamaha SR400 tampak terlihat batang hidungnya. Mulai yang full custom dengan style chopper dan tracker ataupun tampilan orisinal hasil restorasi dengan gaya yang apik.

Tapi gue gak mau bahas asal-usal motor itu bisa masuk ke tanah air, yang jelas keberadaan SR400 menambah motor-motor donor untuk dipakai custom. Apalagi kapasitas mesin 400cc ini tersebar secara global dan sudah sangat mumpuni dicustom berbagai style custom.

Seperti Yamaha SR400 hasil garapan Eko Yulianto dari Sickless Custom Werks dibilangan Tanah Kusir, Jakarta Selatan. “Waktu itu motor sama pemiliknya dibawa ke bengkel hanya mesin dan rangka terpisah,” ujar builder asal Jogjakarta ini.

Jadi Eko harus merangkai dari awal untuk menggarap motor ini menjadi tampilan scrambler seperti yang terlihat sekarang.

Sebetulnya Yamaha SR400 dengan tampilan Scrambler ini yang paling simple, jadi solusi dengan keterbatasan part yang di dapat oleh Koi, sapaan akrab Eko. Frame utama masih tetap diandalkan hanya ubahan minor pada areal subframe belakang yang dibuat melingkar.

“Style seperti ini biasanya seperti motor-motor SR400 garapan bengkel Brat Style di Jepang karena pemilik motornya minta dibuatin style seperti itu dengan andalkan custom part,” lanjut Koi lagi.  

Koi melanjutkan pembicaraan mengenai proses garap motor ini dimulai dari kaki-kaki yang mengandalkan suspensi copotan dari Yamaha Byson lalu dikawainkan dengan segitiga dari Suzuki Impulse.  Bersanding dengan suspensi belakang double shock produk after market

Kedua rodanya mengandalkan pelek ring 18 inchi dengan tromol dari copotan Yamaha SR400. Sepasang roda ini tampil menarik menambah kesan vintage dengan di balut ban import dari Avon dengan profil cacing.

Untuk areal body mulai dari tangki, fender belakang, sampai cover lampu depan dengan inspirasi dari Triumph custom scrambler. Seluruh part ini hasil kreasi Eko yang mengandalkan pelat galvanis dengan ketebalan 1,2 mm.

“Lampu dengannya dibuat unik pake copotan head lamp Yamaha V75 yang gue desain sendiri dudukannya biar pas dengan style scrambler,” tutup Eko yang mengatakan proses pengecatan dipilih kelir hitam hampir seluruh bagian rangka dan bodynya.

Teks Belo   Foto: Herry Axl