YAMAHA SR400 | EUROPEAN TASTE

YAMAHA SR400 | EUROPEAN TASTE

Mei 31, 2020

YAMAHA SR400 | EUROPEAN TASTE  

Mika Motorcycle sudah  indetik dengan motor hasil karyanya yang bergenre chopper, kalo gak percaya kepoin aja akun intagramnya dan scrool terus ke bawah. Lo bakal nemun motor-motor yang didominasi menggunakan rangka custom model rigid, tanpa suspensi belakang.

Tetapi ada satu motor karyanya yang terselip dengan style berbeda mengandalkan model rangka double cradle sebagai ciri motor sport batangan dengan lengan ayun.  Adalah Imam Luthfi yang mampu membujuk Heri Mika builder Mika Motorcycle untuk menggarap motornya dengan gaya yang berbeda dari kebiasaannya.

“Motor milik Imam ini framenya full hand made basicnya dari mesin Yamaha SR400 yang gue buat bergaya scrambler era tahun 1960-an pakai rangka yang sudah dilengkapi lengan ayun,” bilang Heri yang workshopnya punya hastag andalan #depokattack.

Kalo dilihat tampilannya mesin motor Jepangan ini gaya jadi berasa Eropa banget, ini karena Heri mengaku kalo Framenya terinspirasi dari model BSA Gold Star. Desainnya yang tampil dalam wujud motor garuk tanah meskipun tipe pabrikan motor Inggris dengan logo tiga bedil ini lebih dikenal sebagai penakluk lintasan aspal.

Sedangkan buat tampilan bodynya Imam order kepada heri untuk dibuatkan model yang dibentuk replika Rickman Mettise. Merupakan salah satu produk custom aftermarket yang sudah beroperasi sejak 1960-an dimana saat ini motor-motor jalan raya banyak dipakai untuk menjelajah dan balap motocross, sementara motor-motor buat main tanah ini belum banyak diproduksi oleh pabrikan.

Sedikit cerita mengenai awal lahirnya motor MK1 Metisse yang jadi inspirasi motor Yamaha SR 400 milik Imam ini. Motornya ini digarap tahnu 1959 yang saat itu dipakai oleh dua pembalap asal Inggris yang cukup ternama Derek dan Don Rickman dikenal dengan Rickman Brother.

Keberhasilan pada ajang balap motocross saat itu dengan motornya akhirnya menjadikan bisnis untuk memproduksi berbagai kebutuhan part custom untuk motor-motor Inggris yang dipakai untuk garuk tanah seperti BSA, Triumph, AJS, dan lainnya.

The spec:

Front end : Suzuki GSX250, Front hub : Ducati 250SS, Rear hub : Suzuki GSX250, Rear shock : 360 Triumph Scrambler,  Tire : Shinko SR241, Gascap : Monza

 Teks: Belo Foto: Istimewa