YAMAHA XS650 | SAIME 2019 Parking Lot Pick

YAMAHA XS650 | SAIME 2019 Parking Lot Pick

Ags 21, 2019

Motor ini belum lama kita lihat di Jakarta. Tepatnya di gelaran SAIME 2019 lalu. Bukan di dalam display, tapi terpilih sebagai Parking Lot Pick di event motor tahunan ter-hits di Jakarta tersebut. 

Yamaha XS650 ini salah satu motor yang digarap full custom oleh Denny Andrean. Wah kalo sebut nama ini pasti belum banyak yang kenal ya. Tetapi kalau sebut nama Jandro, builder muda yang menukangi garage Disaster 13 asal Semarang ini tentunya banyak yang sudah mengenal namanya.

Yup, akhir tahun lalu Jandro di kontak oleh customernya Chandra, minta digarap motor dengan style skinny chopper. “Untuk gayanya sendiri dia request kalau konsepnya mendekati  skinny Japanesse chopper,” cerita Jandro memberi nama motor ini Yayuk.

Jandro menambahkan, sebetulnya ada alasan kenapa Chandra pilih style ini yaitu tampilan motor terlihat lebih nakal. Selain itu, tunggangan chopper dirasa lebih nyaman kalo dibawa jalan diatas 80km/jam.

Wah tergantung yang bawa motor kali ya, karena kalau motor udah kepegang banget dan menyatu dengan pemiliknya bakal lebih nyaman berkendaranya. “Tetapi yang jadi acuan jangan lupa mengedepankan safety dalam menggarap motor custom. Karena motor custom itu bukan buat didisplay saja tapi harus dibawa motoran,” ujarnya.

XS650 chopper ini mengandalkan roda depan ring 21 inchi mengandalkan ban dari Avon MK II -  3.50 sedangkan belakang andalkan pelek lingkar 18 inchi dibalut Shinko E270 - 4.00.

Untuk front end sudah dipasang copotan dari Yamaha SR400 yang bersanding dengan tromol custom racikan Double H Chopper. Sedangkan buritan Jandro mengandalkan tromol copotan dari Suzuki GT380. Meskipun tidak aplikasi rem cakram tetapi cukup mumpuni untuk meredam laju motor.

Nah, kalau proses finishing Jandro lebih memilih memadukan kelir hitam dan grafis flame gold leaf pada areal tangki, serta bagian rangka juga ikut digrafis yang dikerjakan oleh Rief Airbrush Semarang.

Oh ya, Beberapa produk branded part aftermarket juga terpasang untuk memanjakan detailnya. Seperti Headlamp dari TT&CO dan License frame andalkan MOONEYES.

Teks: Oleb, Foto: Ardhy Kencana.