Yamaha XSR 155 |The Futuristic Scrambler

Yamaha XSR 155 |The Futuristic Scrambler

Mei 16, 2020

Yamaha XSR 155 Ini menjadi motor ke tiga yang yang tampil di Gastank Magazine termasuk dalam project Yamaha Yardbuilt Indonesia. Merupakan kolaborasi apik atara builder muda Andi Akbar dari katros Garage dan desainer motor Printoro yang mengusung Supido Engine.

“Sebuah gebrakan luar biasa yang dilakukan Yamaha Indonesia dengan mengadakan Yamaha Yard Built Indonesia. Secara teknis, basis motor ini paling "modifiable dan customable". Motor bahan yang cocok untuk generasi milenial karena banyak keluleluasaan untuk dimodifikasi atau custom.​,” ujar Atenk sapaan akrab Andi Akbar

Yes, bicara desainnya inspirasi dari sebuah kapal perang luar angkasa yang berbentuk  persegi dan penuh dengan sudut-sudut yang tajam mengisyaratkan sebuah sosok gagah dan siap menjelajahi antariksa.

“Untuk menggarap desainnya saya berdiskusi melalui brief yang singkat dan padat dengan sang builder, keinginan dan arahannya sangat jelas. Beberapa brief yang dilontarkan sangat familiar dengan bentuk2an yang biasa saya mainkan, sebut saja “the iconic tail” ... saya sangat setuju jika sebuah motor harus memiliki karakter dan tidak dimiliki oleh motor2 yang lainnya (ngga musti sama / serupa), “ buka Toro sang desainer.

Oh iya detail tiga garis yang digunakan pada bentuk motor ini tidak lazim dan Sang Builder menyukainya serta menyebutnya gaya tralis. Juga pada bagian tank dan fairing samping yang menutupi radiator garisnya dibuat seolah-olah menjadi satu layaknya sayap kapal perang yang kokoh dengan balutan warna silver dan matte metallic blue yang menambah kesan kekar pada buritan.

Sokongan proporsi yang pas dengan fork USD, Spokes Rims lebar dan ban jenis Monoblock style yang selalu melekat pada gaya Scramblernya builder satu ini terlihat sangat kekar, sehingga mempertegas tampilannya sebagai tunggangan dual purpose.

Namun Yardbuilt ini bukan project pribadi tentunya,  pada akhirnya mereka pun berhenti bermain agar tidak terlalu liar jadi sedikit membatasi, tetap mengutamakan kepentingan dari brand. Karena setiap project pasti harus ada kesesuain dengan konsep intinya yakni Yamaha Yardbuilt contextual harus terpenuhi. Yes, “back to the main rules for all of concepts,”

Salah satunya adalah chassis, dimana karakter ini yang tidak boleh dihilangkan, dirubah total ataupun menggantinya, dan as a team mereka terima challange tersebut, dan “the delta box” ~ Yamaha called ~ masih terpasang kokoh menyokong serta menguatkan karakter futuristic ubahan motornya.

Pada akhirnya mereka punya keyakinan bahwa motor dengan jenis chassis perimeter frame / twin spar / atau familiar dengan sebutan delta box yang berkarakter kokoh dan handling yang stabil seperti ini akan menyuguhkan krakter yang berbeda ketika di custom ~ yeah that is true!!! ~

Teks:  Belo Foto: katros Garage