BMW R100 1992 European Blood

BMW R100 1992 European Blood

Mei 07, 2019 Custom Bike

Melihat tampilan BMW R100 custom ini saya langsung teringat film dokumenter motoran di Youtube yang dirilis oleh Blitz Motorcycle dalam filmnya yang berjudul Long Live The King. Film pendek yang bercerita pertualangan ke kawasan pegunungan ini mengandalkan beberapa motor custom yang basicnya BMR Boxer R Series. 

Ya, Blitz Motorcycles builder asal kota Paris, Prancis yang digawangi oleh Fred Jourden dan Hugo Jezegabel termasuk yang mempopulerkan custom BMW Boxer R Series yang asalnya bergenre sport turing diubah bergaya scrambler. Sampai akhirnya ubahan motor seperti ini sangat digemari oleh custom enthusiast di daratan Eropa dan banyak builder yang kebanjiran order.

Seperti Ironwood Custom dari Belanda yang digawangi oleh Arjan Van Den Boom serta Marcus Walz builder asal Jerman yang semula bermain custom Harley-Davidson berkembang menggarap motor BMW dengan rebrand garagenya menjadi Walz Werk Motorcycle

Nah, BMW R100 lansiran 1992 yang dicustom oleh Bimo Custombikes ini pemiliknya terinspirasi dari ubahan builder-builder Eropa yang saya sebutkan tadi di atas. Motor BMW Sport turing ini diubah total menjadi motor yang simple namun masih tetap nyaman dipakai berkativitas motoran.

“Saya masih mempertahankan rangka aslinya yang tidak diubah serta tangki juga dari bawaan motor,” ujar builder yang garagenya berlokasi di bilangan Jl. Antarasari, Jakarta Selatan.

Jadi terlihat simpel karena jok sengaja dibuat single berpadu dengan tangki standar yang bagian atasnya dicustom jadi sedikit lebih tinggi. Suspensi depan juga tetap andalkan bawaan motor tampil sebagai besutan scrambler sejati setelah terpasang kedua roda berprofil kasar, keduanya dibekali fender yang  simpel hanya menutup ¼ bagian roda.

Untuk mesin masih mengandalkan standarnya cuma agar telihat lebih clean bagian cover karburator yang berada di atas mesin, diubah covernya dibuat ulang menyesuaikan lekukan mesin.  Sedangkan kedua knalpotnya di custom yang bagian mufflernya ditekuk ke atas.

Areal kemudi tampilannya terlihat modern dengan pemasangan hand control dilengkapi part aftermarket branded dari Jay Brake yang dikombinasi switch button dari Motogadget. Areal speedometer juga sudah dipasang produk terkini dari Motogadget bersanding dengan head lamp model day maker.

Teks: Oleb, Foto: Herry Axl.