Harley-Davidson Softail S&S | One Blood

Harley-Davidson Softail S&S | One Blood

Apr 18, 2019 Custom Bike

Bagi Indra Gastya membangun motor custom itu harus bisa dinikmati. Tidak hanya pada proses pengerjaannya saja. Ketika motor sudah jadi dan siap digas juga harus bisa dinikmati untuk dipakai dengan maksimal. Jadi kita makin paham karakter motor untuk cepat mendapatkan chemistrynya.

Seperti saat sesi pemotretan yang lokasinya disepakati di dealer Anak Elang Harley-Davidson. Enggak pakai diangkut towing, Ega langsung ngegas sendiri motornya dari rumah di kawasan Cinere menuju Kelapa Gading. “Motor ini meskipun customnya cukup radikal tetapi tetap sering gue pakai untuk beraktivitas,” jelas Ega sapaan akrab Indra Gatsya.

Benar apa yang dibilang Ega kalau ubahan motornya memang cukup radikal hasil garapan dari workshop Custom Concept Industry (CCI) Jakarta. Tampil bergaya Prostreet yang framenya menganut model rigid.  Tongkrongan motor dibuat tidak terlalu tinggi karena rangka belakang sudah dropseat. Mengingatkan kita dengan style Prostreet pertengahan tahun 1980-an.

Untuk rangka bagian depan, areal bagian komster didesain lebih centang. Membuat posisi fork depan jadi sedikit lebih landai. Untuk areal front end ini mengandalkan produk Ultima dipasang satu set dengan triple tree. Bagian rangka depan terlihat simple lantaran menganut single downtube.

Sedangkan buat rodanya disematkan pelek custom hasil racikan CNC hasil racikan CCI,  front wheel 19x3.5 sedangkan untuk rear wheel 18x8.5. Sepasang roda ini sudah dibungks dengan ban Shinko.

Untuk desain bodynya mengandalkan tangki teardrop, model lama yang memang beken untuk prostreet. Bersanding dengan fender depan dan belakang yang minimalis.

Untuk mesin yang dipakai mengandalkan produk aftermarket S&S dikawinkan dengan gearbox dari Ultima. “Cover primary tampil dengan style open belt produk DBL yang menggunakan material alumunium,” timpal Ariawan Wijaya sebagai buildernya yang ikut bicara. 

Sedangkan untuk proses finishing sektor pengecatan dikerjakan oleh Hacka Pistriping asal Solo. Memadukan kelir merah maroon dan silver serta stripping emas dan untuk mengisi areal tangki dibuat grafis paruh burung.

Front tire   : Shinko 110/80-19

Rear tire : Shinko 250/40-18

Fork : Ultima

Frame   : Custom CCI

Forward control : Ultima

Engine : S&S

Open belt : DBL

Gerbox   : RSD Ultima

Carburator   : Mikuni HSR 45

Handlebar : Custom

Headlight : Custom

Master cylinder : PM

Master clutch : PM

Exhaust   : Custom CCI

Front caliper   : Aftermarket 4 Piston

Rear caliper : Aftermarket 4 Piston

Breather kit : Custom CCI

Handgrip   : Custom CCI

Painting custom : Danny Hacka

Teks: Oleb, Foto: Herry Axl.